WISATA GUNUNG RINJANI DAN AIQ KALAK YANG SANGAT MENAKJUBKAN

Gunung Rinjani dan Aiq Kalak yang sangat fenomenal membuat setiap orang memiliki mimpi untukberada di puncak sembari menikmati wisata dan fenomena alam disana.

WISATA RINJANI


GUNUNG RINJANI - WISATA MANAKJUBKAN DI INDONESIA


Gunung Rinjani pastilah sebuah tempat yang sudah sangat familiar di telinga para pelancong, traveller atau para pendaki gunung di Indonesia dan mancanegara. Gunung wisata yang terletak di Lombok Utara ini memiliki ketinggian lebih dari 3.700 meter diatas permukaan air laut. Primadona wisata di lombok sekaligus sebagai Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia.

Pemandangan yang sangat menawan disebut sebagai salahsatu Gunung dengan keindahan yang tiada duanya, sebagai favourite bagi para pelancong dan pendaki Gunung. Jika berkesempatan mengunjungi Gunung Rinjani, tak ada salahnya jika mampir ke Aiq Kalak. 

Tempat ini bisa diakses dari Segara Anak, danau kawah yang jadi ciri khas Rinjani. Mata air panas ini juga termasuk situs penting bagi suku Sasak. Disitulah salahsatu sensasi yang wajib dikunjungi.

WISATA AIQ KALAK DI GUNUNG RINJANI


Secara harfiah, Aiq Kalak atau Aik Kalak berarti air panas. Mata airnya terbagi menjadi beberapa kolam air panas berwarna kecoklatan. Tak kalah indah dari Terme di Saturnia yang ada di Italia. Salah satu sumber air panas bernama Pangkereman Jembangan. Sesuai namanya yang berarti tempat untuk mencelupkan kaki, kolam ini biasa digunakan untuk berendam.

Airnya yang mengepulkan uap hangat dikenal mampu menyembuhkan berbagai penyakit, antara lain encok dan penyakit kulit. Warga sekitar yakin berendam di Aik Kalak bisa menajamkan kelima panca indera, menyejukkan jiwa, serta menjadikan awet muda. 

Mereka bahkan membuat obat tradisional dari air di sini. Air panas yang berkhasiat dicampurkan dengan santan kental dan jadilah Siu Satunggal, minyak mujarab yang mampu menyembuhkan seribu macam penyakit. 


Tak hanya berkhasiat untuk kesehatan, kabarnya aliran Aiq Kalak bisa digunakan untuk menguji kesaktian pusaka. Pada waktu tertentu, keris, tombak atau senjata kuno lainnya dicelupkan ke Aiq Kalak. Jika berubah menjadi lengket, berarti pusaka tersebut tidak memiliki manfaat atau kesaktian. Namun jika senjata tersebut semakin bersih dan berkilau, berarti kesaktiannya sudah terbukti.

MITOS GUNUNG RINJANI DAN WISATA AIQ KALAK


Boleh percaya atau tidak, yang pasti eksotisme Aiq Kalak akan mempesona siapa saja yang memandangnya. Ingin menyaksikan sendiri keindahannya?. Datanglah kesana terutama pada bulan Julidan Agustus dimana wisatawan dan pendaki Gunung mencapai jumlah terbanyak sekaligus memperingati hari kemerdekaan negara Indonesia pada tanggal 17 Agustus di puncak Gunung Rinjani diiringi dengan musim angin kencang di puncak yang semakin membuat pendakian kita bertambah dahsyat.

Selain Aiq Kalk, masih banyak hal unik yang bisa kita dapatkan disana seperti jenis-jenis flora yang beragam di setiap ketinggian dan Fauna Monyet Rinjani yang memiliki ekor panjang nan nakal. Sunnguh akan semakin membuat pendakian kita penuh warna.

WISATA AIQ KALAK
AIQ KALAK - SALAHSATU DAYA PIKAT DI G.RINJANI

Siapkan perlengkapan yang cukup karena di perjalanan menuju puncak gunung Rinjani ini, kita akan disuguhi dengan dinginnya suhu yang rata-rata mencapai 20derajat Celcius atau bahkan bisa sampai 10 derajat celcius di beberapa waktu.

Kenali area pendakian di Gunung Rinjani dan patuhlah pada pemandu wisata atau pemandu pendakian yang sudah kita pilih agar dapat meminimalisasi resiko tersesat atau kecelakaan yang mungkin saja bisa terjadi setiap waktu.

Artikel Terkait