CARA MERAWAT ANAK KELINCI YANG BARU LAHIR

MERAWAT ANAK KELINCI | Kelinci adalah salahsatu Binatang Peliharaan yang lucu dan banyak digemari oleh banyak orang,apalagi anak-anak.Dan Waktu terbaik bagi KELINCI yang menarik dan cantik adalah saat Kelinci masih dibawah Usia 6 Bulan dan dalam kondisi sehat.


MERAWAT KELINCI


CARA MERAWAT ANAK KELINCI YANG BARU LAHIR


MERAWAT ANAK KELINCI menjadi Syarat Mutlak agar Kelinci kita sehat dan bagus serta jauh dari Penyakit Kelinci. Sedikit memerlukan perhatian lebih agar kita juga dapat membantu Induk Kelinci agar lebih perhatian terhadap anak-anak nya.Meskipun sebenarnya secara alamiah Induk Kelinci sudah dapat merawat Anak nya dengan baik.


MERAWAT ANAK KELINCI YANG BARU LAHIR

 
Perhatikan secara detail MERAWAT ANAK KELINCI sampai usia Anak Kelinci 1 Bulan. Chek asupan Susu dari Induknya dan pastikan setian Anak sudah mendapat Susu dari Induknya.
Jauhkan dari Hewan-hewan Predator lain seperti Kucing ,Tikus yang ada disekitar Rumah anda.
Pastikan tempat Kelinci Kecil | Anak Kelinci ini baik,bersih dan lunak sehingga menghindarkan Anak Kelinci dari benda keras yang dapat melukai Kulitnya.


Hal lain yang perlu kita lakukan adalah :

CONTROL KONDISI ANAK KELINCI |MERAWAT ANAK KELINCI


Setelah Kelahiran anak Kelinci,Induk mengalami sedikit Goncangan bathin dan Kelelahan.Chek Kesehatan Anak,,pisahkan dengan baik dan letakkan di tempat yang lebih bersih.Kemudian Perhatikan Induknya dan beri makan dan minum yang cukup,,atau beri Vitamin jika diperlukan.

Beberapa Komunitas penyayang Binatang seperti Kelinci, Kucing atau Anjing peliharaan, mereka menggunakan Minyak VCO | Virgin Coconut Oil sebagai suplement kesehatan dan obat oles kulit atau Bulu Kelinci agar Hewan peliharaan kita menjadi lebih sehat dan memiliki Bulu-bulu yang bagus. Halini sangatlah penting apalagi jika musim hujan seperti ini akan banyak kaki-kaki kelinci dan telinga kelinci yang mudah terkena jamur pengganggu kesehatan hewan.


KESELAMATAN | MERAWAT ANAK KELINCI


Segera setelah Induk Kelinci melahirkan,,Siapkan Tempat yang baik ,bersih dan cukup luas buat sang Induk masuk untuk menyusui Anak-anak nya.Hindari tempat yang ramai dan bising agar Kelinci Nyaman disana.

Hingga usia 2 Minggu ,Anak Kelinci baru dapat melihat dan membuka matanya.Jadi mereka hanya bisa diam,tidur dan menunggu Induknya datang memberikan Susu nya.Pastikan semua anak Kelinci mendapat bagian Susu induknya saat menyusui.Jika perlu,,lakukan manual dengan menyodorkan Anak kelinci pada Perut Ibunya.Hanya perlu 1-2 menit untuk Induk memerlukan Waktu menyusui.

Jika Induk dan Anak berada dalam satu Kandang,perlu diperhatikan ketersediaan Makanan dan Minum Induk Kelinci agar selalu Cukup.Hal ini menjaga Mental dan kesehatan Induk Kelinci sampai nanti anak-anaknya besar. BeginilahMERAWAT ANAK KELINCI yang baik.

MEMINDAHKAN ANAK KELINCI TERPISAH


Anak Kelinci | MERAWAT ANAK KELINCI yang baru lahir bisa saja dipisah kan dengan Induknya langsung.Dalam MERAWAT ANAK KELINCI ini,,Anda bisa memindahkan Anak-anak Kelinci secara terpisah. Dan pastikan bahwa Induk tahu agar tidak kebingungan mencari Anaknya disaat ingin menyusui.

Beberapa Induk Kelinci mengalami stress dan goncangan Jiwa dalam situasi Setelah melahirkan.Disinilah perawatan yang sesungguhnya,,menjadikan Induk Kelinci selalu dalam keadaan Sehat dan nyaman.Demi mengurangi Resiko buruk atau bahkan bisa sampai pada Kanibalisme Induk Kelinci terhadap Anak-anaknya.

Induk Kelinci bisa menyusui dengan baik,,sampai 8 Anak-anak nya secara langsung.Atau bisa pula Anak-anak KELINCI nya dipisah dan di berikan pada Induk Kelinci yang lain jika sama-sama habis melahirkan.Tidak begitu sulit MERAWAT ANAK KELINCI ini,,hanya sedikit perlu perhatian soal proses melahirkan sampai dengan usia anak 1 Bulan saja.
Yang paling penting adalah menjaga Mental Induk Kelinci dari rasa ketakutan,,tidak aman atau merasa terganggu oleh kita ataupun Binatang-binatang predator lain.


Tidak lah rumit untuk MERAWAT ANAK KELINCI dengan baik.Jika dalam 1 hari Induk tidak memberikan Susu nya dan anak-anak Kelinci tampak kurus perutnya.Maka perlu dilakukan Proses Manual menyusui dengan cara menyodorkan anak Kelinci ke Perut Induknya.Jaga Induk agar tetap tenang dengan mengelus-elus bagian atas kepala atau punggung Kelinci selama proses menyusui manual ini.

MERAWAT ANAK KELINCI bagi pemula,beberapa hal diatas perlu benar-benar diperhatikan jika Anda ingin memiliki KELINCI SEHAT dan baik sampai nanti bisa meranak pinak kembali. Sistem Reproduksi Kelinci memberikan kita kemudahan dalam beternak.Karena Kelinci | MERAWAT ANAK KELINCI ini bisa setiap 2 Bulan dapat melahirkan lagi,karena kelinci betina bisa kawin lagi bahkan seminggu setelah melahirkan.Mudah sekali Bukan ??.
Yang pelu diperhatikan hanyalah Kesehatan Kelinci agar bisa hidup dengan nyaman dan senang. Kurangi Komonitas atau habitat Kelinci dengan membatasi jumlah Kelinci Jantan nya.Hal ini untuk menghindari pertengkaran Kelinci-Kelinci Jantan di Area ternak Anda.Pilih lah Induk Jantan yang baik untuk dijadikan pejantan di peternakan Anda, Atau dapat juga memisahkan Kelinci Jantan dengan Kandang yang berbeda. Komunitas dan Habitat Kelinci itu sendiri adalah 1 Jantan berbanding dengan 8 Betina.

Dalam MERAWAT ANAK KELINCI ini , perhatian Anda pada setiap Kelinci peliharaan sangatlah penting. Berikan Nama -Nama yang mudah bagi setiap Kelinci Anda.Biasakan memanggil masing-masing Kelinci tersebut dengan namanya agar Kelinci tahu nama dan panggilannya.Sampai pada saatnya Kelinci akan tahu dan senang dengan panggilan yang anda berikan.
Jadikan Kelinci anda sebagai "Teman" agar Kelinci nurut dan tidak liar.Mudah di kendalikan dan tidak membuat kekacauan di rumah Anda.

Hingga nanti Anak-anak Kelinci sampai usia 1,5 Bulan atau 2 Bulan.ANAK KELINCIini sudah dapat mandiri dan boleh dipisah dengan Induknya.Pilihlah Makanan yang sesuai dan digemari oleh Kelinci kelinci Anda.Kombinasi secara berkala dengan Buah-buahan atau sayuran segar dan Wortel sebagai makanan Kesukaan Kelinci.Jika peliharaan Anda sudah mulai banyak,, dalam MERAWAT ANAK KELINCI,coba Tanamlah RUMPUT ODOT di halaman Rumah Anda karena Rumput jenis ini sangatlah disukai oleh setiap Kelinci.


MERAWAT ANAK KELINCI BERDASARKAN USIA


Pada Fase Kritis Berdasar Usia (D.O.B - Day Of Birth) Anak Kelinci ini, kita bisa bagi menjadi per-Minggu :

MINGGU I - MERAWAT ANAK KELINCI

Selain memberikan tempat yang lebih baik pada Anak-anak Kelinci ini,,ada yang lebih penting lagi yaitu menjaga agar Induk nya tetap dalam kondisi Sehat dan tenang agar sang Induk dapat menyusui Anak nya dengan baik.
Memastikan bahwa Susu pertama diberikan pada Anak Kelinci sebagai indikasi bahwa Kelinci Induk sudah tahu posisi Anak dan kebiasaan ini akan berjalan sampai nanti Anak Kelinci bisa hidup sendiri.

MINGGU II - MERAWAT ANAK KELINCI

Perhatikan dan selalu pastikan Asupan Susu dari Induknya. Jika perlu,cara manual dianjurkan seperti tertulis di bagian atas tulisan ini(biasanya hanya perlu sekali dua kali saat penyusuan pertama saja).Pemberian Susu haruslah adil dan seimbang agar anak-anak Kelinci tetap sehat semua dan mempunyai tubuh dan perkembangan yang sama.Sampai waktu ini,,Anak-anak Kelinci masih belum dapat membuka Mata dan Telinganya.

MINGGU III - MERAWAT ANAK KELINCI

Kebiasaan menyusui Induk Kelinci sudah tertata dengan baik. Biasanya untuk Induk yang baik,dia akan datang ke Anak-anak nya pada waktu yang teratur setiap harinya.Misalkan : setiap jam 6 Sore ,,maka Anak-anak Kelinci pun sudah menunggu di jam yang sudah menjadi kebiasaan. Mungkin beberapa Anak Kelinci sudah mulai bisa membuka Mata dan Telinganya. Mulai merangkak dan belajar jalan atau melompat.Sangat menyenangkan bermain Kelinci di usia ini.

MINGGU IV dst,,, - MERAWAT ANAK KELINCI

Dengan menjaga Makanan dan Asupan Gizi induk Kelinci,,di tahap ini sudah mulai ringan dan proses menyusui sudah tidak perlu di awasi lagi.Bahkan di usia 1 Bulan ini,Anak-anak Kelinci sudah mulai rakus dan sudah mulai lancar berjalan atau berlari lari mengejar Induk nya. Sang Induk Sudah mulai kuwalahan dan cenderung berusaha untuk membatasi Susu pada Anak-anak nya.Tidak Masalah,,secara Naluri Induk Kelinci sudah tahu ,,kapan harus menyusui dan kapan harus berhenti.

Jangan lupa untuk selalu kontrol Tempat Anak Kelinci dari Basah karena Kotorannya dan dari kelembaban Alas di kandangnya.Usahakan berilah Alas kain yang empuk,,bersih dan kering Dan jangan lupa menggantinya jika sudah Kotor atau dirasa perlu.
Dan selepas Usia Anak Kelinci 1 Bulan,, Semua sudah bisa dilepas di halaman dengan tetap menjaga Anak Kelinci dari bahaya dan ancaman Binatang Predator yang Mungkin ada disekitar Rumah Anda.
Penulis adalah pemelihara dan mengembang biak kan Kelinci dengan RasFUZZY LOP dan HOLLAND LOP. Buatlah Komentar di bagian bawah untuk berdiskusi dan sharing pengalaman tentang MERAWAT ANAK KELINCI dan Beternak Kelinci disini.

Sangat menyenangkan memiliki Kelinci - Kelinci yang Nurut ,Jinak dan bisa berinteraksi baik dengan pemelihara nya.Bisa di jadikan Teman bermain dan bercanda.Memungkinkan menjaga mental Kelinci tetap stabil dan Kesehatan Kelinci bisa terjaga dengan baik.

Terimakasih sudah menjadi bagian dari "KELUARGA SEHAT"ini untuk selalu menjaga Kesehatan dan senantiasa Berbahagia.

Artikel Terkait