BULE TUKANG TEMPE MEMBUKA WARUNG TEMPE DI LONDON INGGRIS | DARI HOBBY MAKAN TEMPE SAMPAI BERDAGANG TEMPE DI EROPA

"Saya Bule Tukang Tempe". Kata William Mitchel dalam bahasa Indonesia di sela-sela kesibukannya mempersiapkan Warung Tempenya | Warung tenda yang berjualan Tempe Makanan Khas indonesia (Tempe) di London inggris.


TEMPE DI LONDON ENGLAND
WILLIAM MITCHEL - PENJUAL TEMPE DI LONDON

BULE PENJUAL TEMPE DI LONDON INGGRIS


Mungkin inilah Penjual Tempe satu-satunya di London Inggris yang dibuat oleh Willain Mitchel, seorang Guru bahas inggris yang pernah mengajar di Jakarta ini 10 tahun yang lalu. CIta-cita nya untuk memperkenalkan Tempe agar menjadi makanan pokok di Negara asalnya padasaat itu benar-benar dibuktikan dengan membuat sendiri Tempenya dan menjualnya di salahsatu jalanan yang ramai di pusat kota London, Inggris.

Memulai masuk ke Indonesia sebagai Guru bahasa Inggris tahun 1995, William Mitchel sampai harus belajar membuat Tempe sendiri di beberapa Kota di indonesia. Hingga akhirnya Bule penyuka Tempe ini benar-benar yakin bisa membuat Tempe sendiri dan membuka Usaha Warung Tempe | Membuat Tempe sendiri di negara asalnya sana. Hanya perlu beberapa bulan saja pembuatan Temep di London dan pross adaptasi disana sampai benar-benar mempunyai Tempe yang bagus dan layak dijual disana.

Dengan mengelola Warung tempe di london ini, kegiatan William Mitchel lumayan padat. Selain selalu membuka dan menutup tenda warungnya sendiri, dia juga memasak, Belanja kebutuhan bahan baku Tempe dan membuat Tempe sendiri. Itu belum termasuk bagaiamana dia mem-promosikan Tempe nya di kalangan teman-teman dan secara offline di sekitar london. Tapi ingat ya, Pedagang Tempe di London ini hanya buka pada saat jam makan Siang saja. Jadi jangan kecewa kalau Tempe di London ini tidak dapat dijumpai setiap waktu.


WARUNG TEMPE INDONESIA DI LUAR NEGERI


Penjual tempe di london Inggris ini mencari dan mendapatka semua keperluan bahan baku pembuatan tempe di setiap akhir pekannya, kemuadian semua bahan baku tersebut ia buat tempe dengan beberapa variasi ukuran yang sudah ditentukan. Dan setelah semua Tempenya jadi dan siap untuk dipasarkan, Mitchel akan menjual Tempe-Tempe yang sudah jadi tersebut di hari Rabu, kamis dan Jumat. Hanya 3 hari ia berjualan Tempe di London dan menggunakan hari lainnya untuk belanja dan produksi Tempe nya.

TEMPE DI INGGRIS
WARUNG TEMPE DI LONDON INGGRIS

Kabar tentang Bule Tempe di indonesia sendiri sebenarnay sudah heboh dan populer di facebook BBC Indonesia yang meliput sedikit tentang William Mitchel ini. Beberapa komentar yang masuk mempertanyakan tentang siapa saja yang akan memebeli Tempe jika dijual di London. Dan ternyata sangat banyak sekali penggemar Tempe disana, bukan hanya orang Indonesia yang kangen Tempe tetapi juga orang-orang timur asia lainnya dan beberapa dari warga Africa dan yang lainnya.

HOBBY MAKAN TEMPE MENJADI PROFESI 


Sebuah Hobby dan kesukaan makan Tempe di negeri orang (Indonesia)yang akhirnya dapat menjadi sebuah Bisnis yang bagus di London Inggris sana. Mitchel sukses mewujudkan cita-cita nya untuk menjadikan Makanan khas Indonesia Tempe ini menjadi makanan yang bisa dijual dan di konsumsi dengan baik oleh warga Eropa.

Mungkin ada warga Indonesia yang tingal di sana atau di Eropa berminat untuk berbisnis Tempe seperti William Mitchel ini???. Bisa jadi Dagang Tempe atau jual Tempe di Eropa bisa menjadi ladang Bisnis yang khas dari orang Indonesia di negeri seberang.

Artikel Terkait